Ontel Barkah untuk Yatim Dhuafa

Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Umat (LAZ DAU) kembali menyalurkan bantuan dua buah sepeda ontel kepada yatim dhuafa yang berada di Kecamatan Sedati, Senin (15/01).

Sepeda ontel yang pertama diberikan kepada Nur Maulidyah, siswi kelas 5 Madrasah Ibtidaiyah (MI) di Kalanganyar. Tak adanya alat transportasi untuk berangkat ke sekolah dan mengaji, membuatnya menumpang kepada siapa saja pengendara motor yang lewat di jalan raya depan rumahnya.

Tak jarang cucu dari Nur Asiyah ini harus berjalan kaki di pagi hari untuk bisa sampai ke sekolah, dan tempatnya mengaji saat sore hari. Dengan adanya sepeda ontel tersebut, diharapkan bisa meringankan perjalannya menuntut pendidikan formal dan ilmu agama.

Selanjutnya, bantuan yang sama diberikan kepada Muhammad Nur Wahyudi. Berbeda dengan kisah Maulidyah, Wahyu, siswa kelas 2 di salah satu sekolah menegah atas (SMA) di Kecamatan Sedati ini, sudah memiliki sepeda untuk aktivitasnya sehari-hari. Hanya saja sepeda yang dimilikinya, berukuran sangat kecil.

“Wahyu ini sudah punya sepeda, tapi kecil sekali. Bisa dibilang sepeda itu nggak layak untuk anak seusia dia. Maka dari itu kita memberikan bantuan sepeda, agar dia bisa lebih nyaman beraktivitas,” tutur Manager Pendayagunaan, Zaini Syam, M.Pd, saat mengantarkan sepeda ke rumah Wahyu.

Saat bantuan sepeda itu dikirim ke rumah masing-masing, mereka berdua sedang tidak ada di rumah. Pemberian sepeda untuk Maulidyah, diserahkan kepada neneknya. Sementara untuk Wahyu, diserahkan kepada adiknya yang masih duduk di bangku kelas 3 sekolah dasar (SD). (naskah dan foto: titis/ayu)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Ontel Barkah untuk Yatim Dhuafa”