Lahirkan Enterpreneur Sejak Dini

Selasa (30/01), Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Umat (LAZ DAU), mengadakan pelatihan pembuatan ID Card untuk anak asuh Panti Asuhan Istiqomah. Dalam pelatihan tersebut, mereka diajarkan untuk menjadi eneterpreneur sejak dini.

LAZ DAU berharap, di masa depan anak-anak asuhannya tumbuh menjadi orang yang tanggap terhadap peluang, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain. Oleh sebab itu,  mereka tak hanya diberi pendidikan formal dan agama saja. Salah satu upaya lembaga untuk mewujudkan harapan itu, dengan mengadakan pelatihan enterpreneurship.

“Ke depan, anak-anak harus menjadi pribadi yang mandiri, juga bermanfaat untuk orang lain. Itulah sebabnya, pelatihan ini dibuat. Jangan berkecil hati, walaupun kalian masih kecil, kalian bisa belajar dan menjadi enterpreneur sejak dini,” tukas Sugeng Pribadi, S.I.Kom, Kepala Divisi Sosial.

Adapun yang diajarkan dalam pelatihan tersebut, memproduksi kartu tanda pengenal atau id card. Para anak asuh dari rentang sekolah dasar (SD) sampai dengan sekolah menengah atas (SMA) diberi wawasan dan praktik pebuatan id card, mulai dari proses layouting, cetak, hingga  finishing.

Tak hanya itu, mereka yang ikut dalam pelatihan ini, akan diberi pekerjaan secara langsung oleh lembaga, dalam beberapa minggu ke depan. Anak asuh Panti Asuhan Istiqomah akan diberi kepercayaan untuk mengerjakan proyek pembuatan id card. Di mana secara operational, pembuatan id card tersebut dari awal sampai akhir akan dikerjakan oleh mereka, dengan pendampingan lembaga.

Insya Allah, dalam beberapa minggu setelah pelatihan ini, anak-anak akan diberi pekerjaan membuat kartu tanda pengenal. Yang semuanya nanti dikerjakan oleh mereka. Lembaga hanya mendampingi saja,” tutur Manager Pendayagunaan LAZ DAU, Zaini Syam, M.Pd. (naskah dan foto: titis/ayu)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *