GRAHA QURAN

History

Lantaran prihatin dengan kondisi pendidikan agama anak-anak yatim dhuafa dan umat Islam di daerah Sidoarjo, khususnya Sedati, Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Umat (LAZ DAU) bertekad untuk mendirikan Graha Al Qur’an.

Dengan hadirnya Graha Al Qur’an yang berada di Jl. Raya Buncitan Gang Nusa Indah Sedati-Sidoarjo ini, diharapkan dapat melahirkan generasi Qur’ani yang memiliki jiwa leadership. Sehingga dapat mencetak lulusan yang tangguh, dan siap menjadi penerus kemajuan agama dan bangsa.

Seperti yang telah dikatakan Rasulullah SAW  dalam haditsnya yang berbunyi, “Sebaik baik kalian adalah orang yang belajar Al Quran dan yang mengajarkannya serta mengamalkannya.” (H.R. Imam Al-Bukhari)

Dalam membangun Graha Qur’an ini, tentunya LAZ DAU tidak berjuang sendiri. Namun juga mengajak dan memberikan kesempatan kepada para donatur, simpatisan, pemerhati yatim dhuafa serta dermawan untuk berpartisipasi dalam proses pembangunan Graha Al Qur’an, yang berupa wakaf. Dengan berwakaf, akan menjadi amal jariyah yang pahalanya terus mengalir tanpa henti.

Maksud dan Tujuan Program

Berdirinya Graha Al Qur’an ini ditujukan sebagai pusat pembelajaran Al Qur’an dan menanamkan jiwa Qur’ani pada yatim dhuafa. Sehingga dapat melahirkan generasi baru, yang Qur’ani dan berjiwa leadership. Adapun visi misinya sebagai berikut:

Visi

Menjadi lembaga tahfidz terpercaya dalam mewujudkan generasi yang Qur’ani.

Misi

  1. Menyelenggarakan pembelajaran Al Qur’an (Tahsin, Tahfidz, dan Tafhim) dan pengamalan ibadah harian secara sistematis dan terukur.
  2. Mengembangkan pengkajian, penelitian Al Qur’an dan pembelajarannya secara komprehensif.
  3. Menjalin kerjasama yang sinergis dengan lembaga-lembaga pengkajian dan pembelajaran Al Qur’an.

Tahapan Pembangunan

Pembangunan Graha Al Qur’an dimulai dengan pembebasan lahan pada 2009, yang berlokasi di Jl. Raya Buncitan Gang Nusa Indah Sedati-Sidoarjo. Pembebasan lahan seluas 590 M2 itu selesai pada 2013, dan dibangun tahap I di tahun 2014.

Lingkup pekerjaan Tahap I dari pembangunan Graha Al Qur’an ini di antaranya; pekerjaan pagar keliling, pekerjaan saluran air lengkap dengan beton penutup dan pekerjaan plat beton lantai 2. Pembangunan Tahap I selesai pada Mei 2015, yang menghabiskan dana Rp. 1.000.000.000,-

Pembangunan Tahap II ini membutuhkan anggaran Rp. 1.339.357.000 (Satu Miliar Tiga Ratus Tiga Puluh Sembilan Juta Tiga Ratus Lima Puluh Tujuh Ribu Rupiah).

Besarnya anggaran tersebut tidak mungkin akan terealisasi tanpa adanya dukungan serta uluran tangan dari semua pihak, yang konsen dengan pendidikan Yatim dan Dhuafa, khususnya para penghafal Al Qur’an. Untuk itulah dukungan, bantuan dan uluran tangan dari semua pihak kami harapkan, agar proses pembangunan Graha Al Qur an ini dapat berjalan dengan lancar.