lazdau-DENDAM 07 Sep, 2021

DENDAM

Seringkali kita ini hilang akal, bahkan hilang hati. Faktornya adalah dendam. Dendam karena tingkah seseorang atau dendam karena ingin membalas perilaku seseorang yang telah ‘memusuhi’ kehidupan kita.

Tak pelak kebanyakan orang yang menjadi pendendam, perilakunya selalu aneh kepada yang dihadapi. Tak bisa berpikir jernih. Semua kelakuannya meski pun baik di kebanyakan orang; bagi pendendam melihatnya selalu negative, tidak baik.

''Barangsiapa meninggalkan pertengkaran sedang ia salah, maka akan dibangunkan untuknya rumah di sekitar surga. Dan barangsiapa meninggalkan pertengkaran padahal ia benar, maka akan dibangun untuknya rumah di lantai tengah surga, sedang barangsiapa yang membaguskan akhlaknya, akan dibangun baginya rumah di tingkat paling atas surga,'' (HR Abu Daud, Tirmidzi, Ibnu Majah dan Baihaqi). 

Di bawah ini ada beberapa hal untuk menjauhi rasa dendam, diantaranya :

1. Dibenci Allah

Bahaya dendam dalam Islam amatlah luar biasa, dendam bukan suatu perbuatan dosa yang sepele, dendam bahkan termasuk salah satu perbuatan yang paling dibenci Allah. “Orang yang paling dibenci Allah adalah orang yang menaruh dendam kesumat (bertengkar).” (HR Muslim).

2. Amarah yang Berlebihan

Bibit dari dendam ialah kemarahan yang meluap luap dan tidak mampu dilenyapkan karena hawa nafsu. Jika terus menerus bergejolak dalam hati, maka akan terus timbul dendam dan hanya bisa dilenyapkan oleh orang itu sendiri.

3. Memutus Silaturahmi

Dendam membuat hubungan menjadi renggang dan silaturahmi terputus. “Tidak akan masuk surga pemutus silaturahmi.” (Muttafaq ‘Alaihi).

4. Memiliki Iman yang Lemah

Orang memiliki dendam dalam hati merupakan ciri orang memiliki iman yang lemah, yang terus menerus berharap orang lain kan mendapatkan keburukan dan musibah, serta merasa senang dengan kesusahan orang lain. Orang memiliki sifat dendam artinya tingkatan iman dalam islam masih kurang.

5. Menimbulkan Permusuhan

Kejahatan dibalas dengan kebaikan akan selesai, jikalaupun mendapatkan kejahatan yang berulang, Allah yang akan menunjukkan kebenaranya dan orang memaafkan akan mendapat pahala kebaikan.

 “Tolaklah kejahatan dengan cara yang lebih baik, maka tiba tiba orang yang antara dan antara dia ada permusuhan seolah olah telah menjadi teman yang baik.” (QS Fushshilat : 34).

6.Tidak Mendapat Ampunan Dosa

Allah tidak mengampuni dosa orang yang menyimpan dendam sebab dalam hatinya juga tidak pernah memiliki rasa untuk memaafkan sesama manusia.

“Dan jika kamu memaafkan mereka dan tidak memerahi serta mengampuni mereka maka sesungguhnya Allah maha pengampun lagi maha penyayang.” (QS At Taghabun : 14).

 

0 Komentar

Leave a comment


A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'imagick.so' (tried: /opt/alt/php74/usr/lib64/php/modules/imagick.so (libMagickWand-7.Q16HDRI.so.7: cannot open shared object file: No such file or directory), /opt/alt/php74/usr/lib64/php/modules/imagick.so.so (/opt/alt/php74/usr/lib64/php/modules/imagick.so.so: cannot open shared object file: No such file or directory))

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: