lazdau-Qurban Tahun Ini; Perluas Kebaikan! 28 Jun, 2021

Qurban Tahun Ini; Perluas Kebaikan!

Banyak keutamaan Bulan Dzulhijjah, antara lain: termasuk satu dari empat Bulan Haram dalam kalender hijriyah. Sepuluh hari pertamanya menyimpan banyak faedah dan kemuliaan. Di bulan ini umat Islam menunaikan rukun iman kelima yaitu naik haji, sementara bagi yang tidak berhaji menyembelih hewan qurban serta berhari raya.

Pada bulan Dzulhijjah kita juga kembali diajak berkotemplasi pada kisah keluarga teladan; Keluarga Nabi Ibrahim AS. Bermula dari perintah Ar Rahman supaya Nabi Ibrahim AS membawa pergi anak-isteri beliau, belum tahu hendak kemana. Lama berjalan, hingga tibalah di suatu tempat gersang, jangankan pohon rindang, ranting pohon mati saja tidak ada di sana. Ternyata tempat itu adalah Makkah. Andai Nabi Ibrahim AS sudah dikabari terlebih dahulu bahwa lokasi itu segera setelah beliau pergi akan keluar mata air, menjelama menjadi tempat yang ramai, barangkali hati beliaupun akan tenang meninggalkan belahan jiwa di sana.

Begitupula dengan Sang Istri, Hajar. Cuma dengan bekal tauhid di dada. “Apakah Allah SWT yang memerintahkanmu? Kalau begitu Allah STW tidak akan menyia-nyiakan kami!”. Sontak beliau gigih berusaha, menolak untuk menyerah pada kondisi. Klimaksnya, tatkala Sang Anak sudah beranjak remaja. Justu datang kembali titah dari langit agar menyembelihnya. Dada Ismail muda tidak terasa sesak mendengar perintah sembelih, lututnya tidak gemetar, lidahnya juga tidak kelu untuk berujar, “Laksanakanlah wahai Ayah, Insya Allah Engkau akan dapati Aku termasuk orang yang sabar”.

Kotemplasi yang harus kita bawa pada diri sendiri, yakni apa gerangan “Ismail-Ismail” dalam kehidupan kita?? Sesuatu yang amat kita cintai, yang berpotensi mengalahi atau setidaknya setara atau membayang-bayangi derajat kecintaan kita kepada Rabb Sang Pencipta. Dzat yang tidak pantas kita duakan apalagi menjadi yang ketiga. Mungkin saja hal itu karir, pekerjaaan. Mungkin anak, isteri, orang tua (keluarga). Mungkin juga harta benda, hobi, dan sebagainya. Apapun itu, mari kita sembelih “Ismal-Ismail” kita!

Dalam realita qurban di masyarakat, acap kali kita jumpai fenomena seperti orang yang layak (wajib) berqurban tetapi masih enggan menunaikannya. Kedua, fenomena orang berlomba-lomba berkurban di masjid lingkungan sekitar, karena kalau tidak ikut nanti takut jadi bahan gunjingan, walau sebenarnya lingkungan tersebut warganya sudah mampu-berada, sampai-sampai di banyak daerah perkotaan, pas hari-hari tasyrik, freezer kulkas masisng-masing warga penuh alih-laih melimpah tidak muat. Ketiga, fenomena orang meminta-minta daging qurban, ada yang sengaja bergerilya dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Padahal itu bukan atas dorongan kondisi kelaparan.

Oleh karena itu, LAZ DAU tahun ini mengangkat tema; “Perluas Kebaikan!”. Artinya, kampaye ajakan supaya kebaikan yang sudah berlangsung selama ini bisa kita perluas lagi faedah dan kemanfaatannya. Tentu alangkah lebih indah bila daging qurban tersebut bisa dinikmati bersama, terutamna oleh mereka yang secara fakta memang miskin dan membutuhkan. Saudara-saudara kita yang relatif jarang makan daging dalam porsi cukup. LAZ DAU akan mengirim serta distribusikan sebagian besar hewan qurban itu ke daerah-dearah pelosok, pedesaan kurang mampu, daerah rawan pendangkalan aqidah, dan semisalnya. Disamping tetap memberikannya kepada anak yatim-dhuafa binaan LAZ DAU dan lingkungan sekitar.

Niat baik diatas, sudah pasti butuh dukungan dari para donatur yang budiman. Lantaran bersama-sama maka ini dapat terwujud. Tanpa ragu, LAZ DAU mengajak kepada pera donatur dan pembaca, ayo bersama-sama membeli hewan qurban di WedusMart LAZ DAU, dimana keuntungannya akan disisihkan untuk pembiayaan anak yatim dhuafa. Kemudian mempercayakan pendistribusian hewan qurban tersebut kepada LAZ DAU, supaya kemanfaatanya juga tepat sasaran. Sekali lagi, Ayo berqurban di LAZ DAU; Lanjutkan Kebaikkan! Semoga Allah SWT meridhai kita, Aamiin. (Andre Husnari,S.Sos)

0 Komentar

Leave a comment


A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'imagick.so' (tried: /opt/alt/php74/usr/lib64/php/modules/imagick.so (libMagickWand-7.Q16HDRI.so.7: cannot open shared object file: No such file or directory), /opt/alt/php74/usr/lib64/php/modules/imagick.so.so (/opt/alt/php74/usr/lib64/php/modules/imagick.so.so: cannot open shared object file: No such file or directory))

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: