lazdau-SEDEKAH BISA DARI MANA SAJA 19 Feb, 2021

SEDEKAH BISA DARI MANA SAJA

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat-gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Mahaluas (kurnia-Nya) lagi Mahamengetabui.” (QS. Al-Baqarah: 261).

Menafkahkan harta di jalan Allah, baik yang wajib seperti zakat, maupun yang sunah seperti sedekah yang dimanfaatkan untuk kesejahteraan umat, untuk memberantas penyakit kemiskinan dan kebodohan, untuk penyiaran agama Islam dan untuk pengembangan ilmu pengetahuan adalah sangat dituntut oleh agama, dan sangat dianjurkan oleh syara’. Sebab itu, banyak sekali ayat-ayat Alquran yang membicarakan masalah ini, serta memberikan dorongan yang kuat dan memberikan perumpamaan yang menggambarkan bagaimana beruntungnya orang yang suka berinfak dan betapa malangnya orang yang tidak mau menafkahkan hartanya.

Di antara manfaat sedekah di masa pandemic covid-19 ini adalah sebagai penolak wabah, penyubur pahala, menahan musibah, dan kejahatan serta rezeki yang dilipat gandakan oleh Allah SWT. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Perbuatan-perbuatan baik akan melindungi kita dari berbagai keburukan dan sedekah yang dilakukan sembunyi-sembunyi akan menghindarkan diri kita dari siksa Tuhan” (HR ath-Thabarani)  

Di tengah situasi saat ini, di mana masyarakat dihadapkan pada wabah virus Corona, umat Islam harus memanfaatkan sebaik-baiknya kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Salah satunya dengan memperbanyak sedekah.

Orang miskin bisa bersedakah sesuai kemampuannya kepada orang yang lebih miskin. Orang kaya dapat menyalurkan sedekahnya dalam jumlah besar melalui ormas atau lembaga terpercaya, atau langsung melalui pemerintah di daerah masing-masing. Kalau sedekah ini telah menjadi sebuah gerakan bersama dan disalurkan serta diberikan secara tepat kepada setiap orang yang membutuhkan, maka in sya Allah instruksi pemerintah agar semua lapisan masyarakat tidak keluar rumah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, akan ditaati bersama.   Sedekah tidak harus berupa uang. Sedekah bisa berupa barang, sembako, masker, handsanitizer, disinfektan, nasi bungkus, tenaga, pikiran, atau apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat di musim pandemi Corona. Bahkan jika seseorang telah terinfeksi Covid-19, wabah penyakit yang lain atau terkena penyakit apa pun, Rasulullah menganjurkan agar ia bersedekah. Sedekah adalah obat bagi segala macam penyakit. Baginda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Lindungilah harta kalian dengan zakat dan obatilah orang-orang sakit di antara kalian dengan sedekah” (HR Ath-Thabarini).

Dengan adanya wabah Corona, umat Islam hendaknya dapat mengambil hikmahnya. Salah satunya adalah kekuasaan Allah yang tak mungkin dapat diabaikan manusia. Wabah Corona bisa jadi adalah pengingat Allah agar manusia ingat akan sifat Kasih dan Sayang dari Allah. Kasih sayang itu dibuktikan dengan pengabulan doa dari Allah tatkala manusia sungguh-sungguh berdoa. Hal sangat penting untuk kita yakini bahwa harta kita sejatinya tidak akan berkurang dengan sebab sedekah. Justru sedekah akan menjadikan harta kita berlimpah berkah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Harta tidak akan berkurang dengan sebab sedekah” (HR Muslim).

Dalam situasi pandemic covid-19 ini kita diharuskan menerapkan protocol kesehatan, diantaranya memakai masker, selalu mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. Penerapan protocol kesehatan ini tidak boleh mengurangi aktifitas kita dalam bersedekah. Sedekah bisa dilakukan di mana saja kapan saja dan dari mana saja. Sedekah bisa dilakukan cukup dari rumah saja. Perkembangan dunia medsos bisa kita manfaatkan untuk tetap beraktifitas melakukan sedekah dari rumah. Sedekah bisa dilakukan dengan cara transfer melalui mobile banking, bahkan juga bisa dilakukan cukup dengan mengirimkan informasi keinginan bersedekah melalui VA karena banyak Lembaga sosial penerima dan pengelolah dana zakat infak dan shodaqoh yang siap secara proaktif mengambil dana tersebut ke rumah-rumah.

Mudah-mudahan pandemic covid-19 ini segera dicabut oleh Allah SWT. Semoga kita semua diselamatkan oleh Allah SWT dari wabah covid-19, diberikan rizki yang banyak halal barokah manfaat maslahah dunia dan akhirat. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.

Oleh : H.Maskhun,S.Ag.M.HI

 

0 Komentar

Leave a comment


A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'imagick.so' (tried: /opt/alt/php74/usr/lib64/php/modules/imagick.so (libMagickWand-7.Q16HDRI.so.7: cannot open shared object file: No such file or directory), /opt/alt/php74/usr/lib64/php/modules/imagick.so.so (/opt/alt/php74/usr/lib64/php/modules/imagick.so.so: cannot open shared object file: No such file or directory))

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: