lazdau-SEDEKAH NASJUM (NASI JUM’AT) MAKIN TERASA MANFAATNYA 30 Mar, 2021

SEDEKAH NASJUM (NASI JUM’AT) MAKIN TERASA MANFAATNYA

Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), “Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat Bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh. (QS. Al-Munafiqun: 10).

Sedekah merupakan kata yang sangat familiar di kalangan umat Islam. Sedekah berasal dari bahasa Arab yaitu “shadaqah”, dari kata sidq (sidiq) yang berarti “kebenaran”. Menurut peraturan BAZNAS No.2 tahun 2016, sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Sedekah merupakan amalan yang dicintai Allah SWT. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya ayat Al-Qur’an yang menyebutkan tentang sedekah, salah satunya dalam surat Al-Baqarah ayat 271, yang artinya: “Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan” (QS. Al-Baqarah: 271).

Banyak motif orang bersedekah ada karena ingin mendapat pahala yang banyak, ada  karena ingin rejekinya tambah banyak atau dengan harapan dapat pengganti berlipat ganda lebih besar dari Allah dari apa yang telah disedekahkan, ada juga orang bersedekah karena memang ingin membantu orang yang disedekahi, bisa karean simpati, kasian dan merasa terpanggil untuk membantu tanpa harus melihat dirinya mampu atau tidaknya, yang penting harus menolong orang tersebut  supaya bisa teratasi masalahnya, itulah macam sedekah dari segi motif orang yang melakukannya.

 

Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

Dalam Islam ada waktu tertentu yang sangat dianjurkan untuk bersedekah, misal sedekah di waktu subuh, sedekah di waktu hari jumat,Bersedekah saat sehat dan berencana menggapai cita – cita dan ada pula yang dianjurkan bersedekah saat kita sedang dalam keterbatasan.

Umat Muslim mengistimewakan hari Jumat. salah satu yang dianjurkan pada hari Jumat yakni bersedekah. Hari Jumat adalah hari yang paling utama di hari-hari yang lain. Di hari itulah Rasulullah meminta umatnya untuk memperbanyak amalan, termasuk sedekah.

Hal ini termaktub dari hadist riwayat Abi Syaibah, “Sedekah itu dilipat gandakan pahalanya pada hari jumat yakni bila sedekah itu pada hari jumat, maka pahala berlipat ganda dari hari-hari lain."

Sedekah sebenarnya dapat dilakukan kapan saja. Intinya bersedekahlah dengan ikhlas dan mengharapkan ridha-Nya. Namun bersedekah pada hari Jumat sangat dianjurkan karena keutamaannya dan faedahnya yang luar biasa,  Sedekah sebenarnya bisa ditujukan kepada siapa saja sepanjang tujuannya baik dan mengharap ridha-Nya. Namun ada beberapa golongan yang lebih diutamakan yakni: Yatim, Orang miskin dan Orang dalam perjalanan.

Imam mahzab, Imam Syafii juga berkata tentang keajaiban sedekah. "Perbanyaklah bersedekah sebagai amalan hari Jumat. Sedekah bisa berupa uang, makanan, atau lainnya. Jangan takut uang menjadi habis jika bersedekah. Karena Allah akan melipatgandakan pahala sedekah. Bahkan Allah akan menambah rezeki jika kita bersedekah. Nabi bersabda, dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan." (Imam al-Syafi'i, al-Umm, juz 1,239).

Sedekah Nasjum (Nasi Jumat)

Sedekah Nasjum merupakah program pendistribusian LAZ Dompet Amanah Umat berupa nasi kotak dan nasi bungkus yang diberikan kepada yatim dhuafa, tukang becak, pekerja harian sekaligus para jamaah masjid setiap selesai melaksanakan sholat jumat. Program ini dilaksanakan setiap hari jumat untuk memfasilitasi para dermawan untuk dapat melaksanakan sedekah di hari yang penuh dengan keutamaan.

Alhamdulillah program ini berjalan sejak tahun 2019 – sekarang, penerima manfaatnya tidak kurang dari 700-1500an orang/bulannya. Jazakumulloh Khoiron Katsira, kami sampaikan  kepada seluruh dermawan dan donatur yang telah berpartisipasi.

Oleh : Zaini Syam, M.Pd, GM Pendayagunaan

0 Komentar

Leave a comment


A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'imagick.so' (tried: /opt/alt/php74/usr/lib64/php/modules/imagick.so (libMagickWand-7.Q16HDRI.so.7: cannot open shared object file: No such file or directory), /opt/alt/php74/usr/lib64/php/modules/imagick.so.so (/opt/alt/php74/usr/lib64/php/modules/imagick.so.so: cannot open shared object file: No such file or directory))

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: