lazdau-TRESNA; Wujud Cinta dan Kepedulian LAZ DAU 31 Mar, 2021

TRESNA; Wujud Cinta dan Kepedulian LAZ DAU

"Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain"

(H.R. Bukhari)

Hadits mulia di atas, apabila sungguh-sungguh dihayati dan kemudian diamalkan. Maka  semestinya sudah cukup membuat kita terpacu untuk berlomba dalam kebaikan, guna meraih predikat sebagai sebaik-baiknya manusia.

Memahami hadits tentu tidak bisa sepotong-sepotong, seolah ia adalah variabel tunggal. Kesalehan sosial pasti berkelindan dengan kesalehan pribadi dalam ibadah dan penghambaan diri kepada Illahi. Kesalehan pribadi merupakan pra-syarat, kesalehan sosial layaknya bukti.

Sepanjang dua dekade sepak terjang eksistensi Dompet Amanah Umat (DAU), kegiatan sosial jelas bukan lagi barang baru buat lembaga ini. Rekam jejak tersebut dengan gamblang masih bisa ditelusuri atsar nya. Baik keterlibatan dalam beragam penggalangan dana kemanusiaan untuk korban bencana, bahkan kerap turun langsung ke lokasi, bersinergi dengan berbagai elemen yang ada serta mencoba meringankan beban sesama saudara. 

Hingga sampailah DAU pada satu titik, dari proses pergumulan ide dan tindakan sampai mempertimbangkan berbagai faktor internal serta eksternal. Bahwasanya aktivitas seputar kebencanaan ini perlu diperkuat, supaya lebih indah dan elok. Kita perlu gerak lebih padu, strategi lebih jitu, dampak aksi lebih bermutu.

Beranjak dari situasi inilah, maka LAZ DAU mengukuhkan tim peduli bencana ini dengan nama “Tresna”, yakni akronim dari Tanggap Respon Bencana. Secara makna bahasa Tresna berarti Cinta. Kata ini terbilang popular-familiar oleh masyarakat Jawa, Sunda, Madura, dengan penyesuaian aksen dialek masing-masing. Secara filosofis, Tresna adalah perlambang dari rasa cinta dan sikap peduli LAZ DAU untuk sesama. Dimana, selaku lembaga yang konsen dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, tidak hanya fokus kepada penggalangan dana serta penyaluran bantuan sampai ke tangan yang berhak dan tepat menerimanya, melainkan juga upaya recovery aspek psikis atau intangible lainnya.  

Kami memohon do’a dari para donatur yang budiman, semoga melalui dukungan moril dan materil semua pihak, kedepan akan semakin besar dan luas kemanfaatan yang bisa kami berikan. Terima kasih banyak atas bantuannya selama ini. Jazakumullah khairan katsiran. Wassalam. 

Oleh : Andre Husnari, S.Sos, GM Fundraising

0 Komentar

Leave a comment


A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'imagick.so' (tried: /opt/alt/php74/usr/lib64/php/modules/imagick.so (libMagickWand-7.Q16HDRI.so.7: cannot open shared object file: No such file or directory), /opt/alt/php74/usr/lib64/php/modules/imagick.so.so (/opt/alt/php74/usr/lib64/php/modules/imagick.so.so: cannot open shared object file: No such file or directory))

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: