lazdau-Wanita pengukir sejarah 02 Jun, 2021

Wanita pengukir sejarah

Ummul Mu’minin, Aisyah radhiyallahu anha memuji perempuan yang mencari ilmu

“perempuan terbaik adalah perempuan Anshar, karena mereka adalah perempuan yang tidak pernah malu untuk selalu belajar tentang agama” (HR Bukhari dan muslim)

Para intelektual muslimah, memiliki idealisme hidup secara islami. Menjalani kehidupan islam  secara menyeluruh, mengelola rumah tangga mereka, mengasuh anak, berpartisipasi dalam urusan masyarakat, bersikap tegas melaksanakn amar ma’ruf nahi mungkar dan turut melakukan muhasabah kepada penguasa.

Kareana musuh-musuh Islam tahu betul bahwa wanita merupakan salah satu unsur kekuatan masyarakat Islam.  Musuh-musuh Islam telah menempuh berbagai cara untuk merusak wanita muslimah. Karena mereka tau bahwa wanita adalah tiang dari sebuah peradaban, keadaan dan kualitas sebuah peradaban bisa di lihat bagaimana kualitas wanitanya. Karena wanita sekolah pertama bagi generasi- generasi selanjutnya. Maka mengetahui profil dan meneladani perjuangan wanita-wanita muslimah yang telah mengukirkan sejarahnya dalam sejarah Islam adalah sesuatu yang penting.

Fatimah Al Fihri adalah seorang pendiri pertama Universitas di Dunia yang bernama Universitas Al Karaouine (Al- Qarawiyyin) di Fes, Maroko yang dibangun pada tahun 859M. Jauh sebelum Al Azhar, Cambridge, Harvard ataupun Oxford.

Abad ke 12 universitas ini berkembang menjadi universitas yang menjadi pusat penting pendidikan dan merupakan universitas Islam yang paling bergengsi pertama di dunia.

Universitas Al-Qurawiyyin adalah contoh sempurna tentang bagaimana islam menggabungkan agama dengan pendidikan.Bahwa Islam tidak terpisah dari urusan kehidupan.

0 Komentar

Leave a comment


A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library 'imagick.so' (tried: /opt/alt/php74/usr/lib64/php/modules/imagick.so (libMagickWand-7.Q16HDRI.so.7: cannot open shared object file: No such file or directory), /opt/alt/php74/usr/lib64/php/modules/imagick.so.so (/opt/alt/php74/usr/lib64/php/modules/imagick.so.so: cannot open shared object file: No such file or directory))

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: